Social Icons

Pages

Kamis, 18 April 2013

Keutamaan Al-Qur'an



  

فَضَائِلُ الْقُرْآنِ

الْأَوَّلُ  : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ مَامِنَ الْأَنْبِيَاءِ نَبِيٌّ إِلاَّاُعْطِيَ مَامِثْلُهُ آمَنَ عَلَيْهِ الْبَشَرُ وَإِنَّمَاكَانَ الَّذِي اُتِيْتُ وَحْيًا اَوْحَاهُ اللهُ إِلَيَّ فَأَرْجُوْا أَنْ اَكُوْنَ اَكْثَرَهُمْ تَابِعًا يَومَ الْقِيَامَةِ  (رواه البخاري عن أبي هريرة رضي الله عنه )
Artinya: Tidak ada seorang nabi pun dari golongan nabi-nabi kecuali allah telah memberinya tanda bukti yang sepadan,dengan tanda bukti itulah manusia menjadi beriman, Dan adapun bukti yang telah di berikan kepadaku yaitu wahyu yang telah allah berikan padaku, maka aku berharap supaya aku yang paling banyak pengikutnya pada hari kiamat.
            Pada hadits ini Rosulullah SAW menyampaikan kepada kita bahwanya setiap nabi memiliki keunggulan dan keutamaan yang menguatkan dan menetapkan kenabian dan kerosulannya atau biasa di sebut sebagai mu’jizat  yang sesuai dengan keadaan pada zaman di utusnya masing-masing nabi.
            Seperti contoh, pada zaman nabi musa, yang menjadi perkara yang di unggul-unggulkan oleh kaumnya adalah sihir , maka Allah SWT memberikan mu’jizat kepada nabi musa yang serupa dengan sihir akan tetapi lebih unggul. Yaitu diantaranya tongkat nabi musa yang bisa berubah menjadi ular besar yang kemudian memakan semua ular-ularan yang di ciptakan oleh tukang-tukang sihirnya fir’aun .
            Pada zaman nabi isa misalnya, yang di unggul-unggulkan oleh kaumnya adalah ilmu kedokteran maka. Kemudian allah memberikan kepada nabi isa mu’jizat yang melebihi dari pada ilmu kedokteran yaitu bisa menghidupkan orang mati.
            Sedangkan pada zaman nabi Muhammad SAW , yang di unggul-unggulkan oleh umatnya adalah ilmu sastra, maka, kemudian Allah SWT memberikan mu’jizat kepada nabi berupa al-qur’an yang bisa mengalahkan sastranya orang-orang arab  dan juga lebih unggul daripada mu’jizat-mu’jizatnya para  nabi terdahulu.
Kok bisa.....???
            Ea bisa lah,,,,!!!
Misalnya tongkatnya nabi musa, tongkat beliau atas izin allah memang tongkat yang luar biasa, akan tetapi apakah setiap umatnya juga bisa memiliki tongkat seperti kepunyaan nabi musa itu....???
Sedangkan Al-qur’an atas izin Allah, semua umat islam bisa memilikinya.
Tongkatnya nabi musa, masihkah kita bisa menyaksikannya sekarang ini.....???
Sedangkan Al-qur’an dengan kuasa Allah  akan selalu terjaga hingga hari akhir nanti.
Itulah bukti bahwa Al-qur’an adalah mu’jizat yang di berikan Allah kepada nabi Muhammad SAW yang lebih unggul di bandingkan mu’jizat nabi terdahulu.

            Dari itu, masihkah kita sebagai umat islam akan kurang memperhatikan atau bahkan tidak sama sekali terhadap mu’jizat terhebat itu.....????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar